Home » , » Resep Lengkap Soto Ayam Ambengan Surabaya

Resep Lengkap Soto Ayam Ambengan Surabaya

Posted by RESEP KULINER TERBAIK on Wednesday 29 April 2015

Resep Soto Ayam Ambengan Surabaya

Resep Lengkap Soto Ayam Ambengan Surabaya _ Soto ayam menjadi kuliner favorit bagi saya, tentu dari sekian pembaca juga menfavoritkannya kan ? Kebiasaan saya sebelum berangkat ke kantor biasanya saya suka mampir untuk sarapan terlebih dahulu di warung soto ayam sekitar tempat kerja saya. Dengan isian bahan ayam, telur, soun dan kuah yang gurih membuat sarapan saya menjadi sempurna. Nah di jam pulang saya kerja, saya memilih arah jalan pulang yang berbeda dari biasanya, tak sengaja di samping jalan saya melihat kedai Soto Ayam Ambengan  khas Surabaya . Karena soto ayam favorit dan belum pernah coba sama sekali, tentu saya penasaran dong ingin mencobanya... Akhirnya saya berhenti dan masuk ke kedai itu untuk memesan soto ayam ambengannya. Saya pun mencicipinya.. Luar biasa rasanya mantap benar, isinya komplit ada telur, soun, kol, kerupuk udang di tambah kuahnya yang gurih. Tak sia-sia puas sekali makan saat itu.

Pembaca penasaran kan? Mungkin di antara pembaca ada yang belum pernah mencobanya, sampai-sampai pernah nyari-nyari di daerah tempat Anda tinggal, namun tidak ketemu penjual soto ayam ambengan ini. Terus kenapa gak buat saja di rumah ? saya punya resepnya buat anda. Simak Resep Lengkap Soto Ayam Ambengan Surabaya di bawah ini :

Bahan :
  • 1/2 ekor ayam kampung
  • 1 1/2 sdm garam
  • 2 liter air
  • 3 sdm minyak, untuk menumis

Bahan Pelengkap :
  • 150 gram kol, ins halos
  • 50 gram soun kering, seduh dalam air panas
  • 3 butir telur rebus, belah dua
  • 1 batang daun bawang, iris halus
  • 2 batang seledri, iris halus
  •  2 sdm bawang goreng
  • 2 sdm bawang putih goreng
  • 2 buah jeruk nipis, belah
  • Kecap manis
  • Kerupuk udang sambal kemiri

Bumbu yang di haluskan :
  • 8 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1 sdt merica
  • 3 cm kunyit, bakar

Bumbu Lainnya :
  • 5 lembar daun jeruk
  • 2 batang serai, memarkan
  • 3 cm lengkuas, memarkan
  • 3 cm jahe, memarkan
  • 1 sdt gula putih
  • 1/2 kaldu bubuk ( jika suka )

Cara Membuat : 
  • Rebus ayam, garam, dan air hingga daging ayam empuk. Angkat dagingnya, tiriskan. Sisihkan air kaldunya untuk kuah soto.
  • Goreng daging ayam hingga kuning kecokelatan. Angkat suwir-suwir
  • Tumis bumbu yang di haluskan hingga harum. Masukkan daun jeruk, serai, lengkuas dan jahe. tumis hingga bumbu matang.
  • Masukkan bumbu yang telah matang tadi ke dalam air kaldu. Rebus kembali di atas api kecil hingga mendidih. Masukkan daun bawang, angkat.
  • Tata kol, soun, ayam suwir, dan telur rebus di dalam mangkuk. Taburi dengan daun bawang, seledri, bawang goreng, dan bawang putih goreng.
  • Sajikan soto dengan jeruk nipis, kecap, kerupuk udang, dan sambal kemiri.

Demikian uraian keterangan Resep Lengkap Soto Ayam Ambengan yang lengkap dan mudah. Terima kasih telah berkunjung. Simak resep-resep lainnya disini


0 komentar:

Post a Comment

.comment-content a {display: none;}